Monday, March 19, 2012

Perfect (^_^) Indonesian Subtitle : The Da Vinci Code

Ketika gw mendapatkan softcopy "The Da Vinci Code" dari junior gw, gw kebingungan. Karena selain ceritanya yang memang sulit dimengerti (topiknya tentang sesuatu yang bukan dunia gw: Kekristenan), subtitle-nya ngawur pula. Gw inget banget dengan pusingnya kepala gw setelah nonton film ini, yang sesudahnya gw melayangkan tubuh gw ke kasur dan tepar tanpa syarat.

Terdengar lebai? Semua itu dikarenakan gw menerapkan penghayatan yang tinggi pada apapun yang gw kepo secara sukarela. Film salah satunya. Gw bukan manusia yang mendewa-dewakan "hasil" seperti orang kebanyakan, tetapi cenderung menenggelamkan diri dalam "proses". Oleh karena itu, gw gak akan puas ketika Robert Langdon berhasil menerka tempat penyimpanan Cawan Suci sebelum tahu secara detail bagaimana dia mampu menemukannya. Gw gak bisa terima bulat-bulat kalau peti batu Maria Magdalena tersembunyi di dalam piramida museum tanpa memahami semua petunjuk yang ada. 

Begitulah. Perfectionist Mode ON. Gw tidak akan memutuskan "selesai" sebelum barang yang gw tonton ini, secara keseluruhan, terkesan logis bagi akal gw. 


Berbasis pada subtitle yang super  ngaco, yang artinya gw pun dikemudikan ke dalam plot cerita yang juga ngaco, maka... bum! Kacau sudah hidup gw. Meskipun gw maksa, tetep aja ujung-ujungnya gak nyambung. Alhasil, itulah sebabnya ubun-ubun gw bisa sampai pening tujuh keliling. Sangking depresi monsternya, gw sampai me-recall momen-momen darah kelas 12 ketika sedang mendalami teori Relativitas Khusus-nya Einstein, kemudian menghembuskan napas panjang kalau ingat derita yang gw alami tidak seheboh ini. Hhhhh....

Terdorong oleh rasa tak rela dipecundangi penasaran yang menggelegak, gw segera men-download subtitle versi English-nya. Maka, setelah sejumlah usaha yang tak mudah untuk menafsirkan segala macam istilah asing yang muncul bersama Google Translate dan juga stalking sesaat pada Wikipedia serta website khusus Bible untuk mengetahui beberapa fakta historis, akhirnya, taraaaaaa...!!! Jadilah subtitle Indonesia "The Da Vinci Code" edisi Sempurna yang bisa kalian jarah tanpa dosa di sini

Insya Allah, niat gw untuk menjembatani maksud Sang Pembuat Film dengan curiousity para penikmatnya akan terlaksana. Namun, jika ternyata  kalian masih telmi juga walaupun subtitle-nya sudah tingkat raja begini, gw sarankan,"Coba cek dulu skala keimanan kalian." Hahahahaha.

3 comments:

  1. Kata-katanya mangtaff gan!!!!!!!!!!! gue mohon ijin donlot subtitle nya.

    ReplyDelete
  2. kata katanya sih mantab cuman subnya kurang singkron ga....

    ReplyDelete